Pass Box

Passbox adalah alat penunjang tempat memindahkan barang ke ruangan berbeda. Biasa digunakan di area steril seperti laboratorium PCR, lab mikrobiologi, pharmasi dan rumah sakit. Pass box ini pada umumnya dipasang di dinding antar ruangan dan memiliki kaki penyangga. 

Pass Box ini biasanya digunakan di ruangan yang memiliki kelas kebersihan yang berbeda baik dari kelas kebersihan tinggi ke tempat dengan kelas kebersihan yang rendah atau sebaliknya.

Material passbox berbahan yang anti karat, tidak mudah tergores, dan aman. biasanya menggunan bahan stainless steel 304 sebagain material utama. Selain itu passbox menjadi bagian dari furniture laboratorium yang diperlukan untuk menjaga terjadi kontaminasasi silang dalam proses kerja, sehingga pass perlu di lengkapi dengan lampu UV dan pintu interlok.

passbox dengan pintu interlok otomatis

Pass box memiliki beberapa manfaat di antaranya adalah :

  1. Membunuh Kuman

Pass box yang dilengkapi dengan lampu UV germicidial, dapat membunuh kuman dan bakteri. sehingga kontaminasi terhadap sampel atau produk dapat dihindari.

  1. Mencegah kontaminasi silang

Dengan adanya passbox diantara ruang, sehingga tarnfer barang dapat memlaui passbox, dapat meminimalisir keluar masuknya operator ke dalam ruangan. Dengan meminimalisir keluar masuknya operator ke dalam ruangan, maka resiko debu atau partikel yang masuk ketika membuka pintu akan semakin rendah.

  1. Menstabilakan tekanan udara

dengan meminimalisir frekuensi buka tutup pintu antar ruang, tekanan udara menjadi lebih stabil, sehingga tekanan udara dapat tercapai sesuai yang diinginkan. Biasanya hal ini di lakukan di ruang operasi rumah sakit dan ruang produksi obat obatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect. Scroll to Top