PCR ( Polymerase chain reaction )

Mobile Lab Biosafety Level (BSL)- 3

Pengujian sampel terduga covid-19 selain mengujinya di Lab yang menerapkan BSL-2, dapat pula di dianalisis denga Lab yang menerapkan Lab BSL -3, menggunakan alat yang dikenal dengan nama PCR (Polymerase chain reaction). Penerapan Mobile Lab BSL-3 untuk sampel terduga covid-19 harus sesuai dengan standar yang berlaku. Standar yang diterapkan tidak jauh dari standar BSL-2. 

Persyaratan umum di laboratorium BSL-3 meliputi:
1.APD sesuai standar harus dipakai, dan respirator 
2.Penggunaan Disposable Gowns 
3.Biosafety Cabinet 
4.Penyediaan Wastafel dan Eye Washer Station
5.Penerapan directional airflow ( untuk menarik udara ke laboratorium dari area bersih menuju area yang berpotensi terkontaminasi )
6.System pintu inter lock

Penerapan Mobile Lab Covid-19 sudah dilakukan oleh Negara prancis untuk penanganan Covid-19 yang semakin meningkat. Dimana prancis berhasil menyediakan mobile lab covid-19 dengan penerapan BSL-3.

Penerapan BSL-3 di mobile lab ini memungkinkan sesuai dengan peraturan yang ada yaitu ISO 17025/ ISO 15189 untuk analisis sampel biologis manusia (analisis DNA) dan analisis sampel biologis yang sama untuk mendeteksi patogen (RNA Coronavirus)
mobile lab covid-19 di desain sedemikian rupa untuk menyediakan beberapa ruang untuk penanganan yaitu Area pengambilan sampel, mengelola dan menganalisis sampel.

Semoga Bermanfaat.
Admin
PT Lab Technologi Indonesia 
021 8371 8685 | 0812 9384 6364

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.