Lampu UV pada Laminar Air Flow

06-maret lampu UVSinar UV adalah radiasi elektromagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak sehingga lampu ultra violet atau lampu UV merupakan produk yang yang menghasilkan sinar ultra violet.   Fungsi dan kegunaan lampu UV bermacam-macam bukan hanya sekedar desinfektan saja  diantaranya ialah dalam kromatografi Lapisan Tipis (Thin Layer Chromatography) berfugsi menandai spot yang tidak dapat dilihat melalui sinar tampak. Dalam dunia perbankan, lampu UV digunakan untuk membedakan uang palsu dengan uang asli melalui gambar atau garis yang terlihat pada panjang gelombang sinar ultraviolet.

06-maret lamda UVSinar Ultra Violet sendiri berdasarkan panjang sinar gelobang dapat di klasifikasikan menjadi tiga tingkatan utama yaitu UV-A kemudian UV-B dan UV-C.  semakin pendek gelombang sinar semakin kuat karakteristiknya. Sinar UVA (380–315 nm), yang juga disebut “Gelombang Panjang” atau “blacklight”; UVB (315–280 nm), yang juga disebut “Gelombang Medium” (Medium Wave); dan UVC (280-10 nm), juga disebut “Gelombang Pendek” (Short Wave).sehingga untuk jenis UV-C paling kuat karakteristiknya.

Pada penggunaa Laminar Air Flow digunakan Lampu UV sebagai media sterilisasi, dimana enis lampu ultraviolet yang digunakan sebagai alat untuk membunuh mikroorganisme seperti bakteri adalah UV-C dengan panjang gelombang 200-260 nm. Sinar UV dengan panjang gelombang 254 nm. Mempunyai daya bunuh yang sangat efektif dibanding dengan sinar ultraviolet dengan panjang gelombang yang lebih panjang atau lebih pendek.

 

Sumber gambar: http://www.gehl-led.com/uv-light.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect. Scroll to Top