Kontraktor Laboratorium BSL 2

Kontraktor Laboratorium PCR BSL 2

Kontraktor Laboratorium PCR BSL 2, Solusi Bagi Anda yang Menginginkan Sesuatu Berhubungan dengan Laboratorium PCR.

 

Tahukah Anda, ternyata bangunan laboratorium memerlukan kriteria khusus. Bangunan laboratorium dengan kriteria khusus ini biasanya juga untuk laboratorium tertentu. Laboratorium ini dinamakan dengan BSL-2. BSL-2 merupakan singkatan dari bio safety level 2.

Kontraktor Lab BSL-2

 

Laboratorium PCR ini merupakan laboratorium yang menganalisa mikrobiologi seperti virus. Biasanya, laboratorium ini meneliti virus-virus yang berpotensi mengganggu kehidupan manusia. Seperti: flu, hepatitis C, covid-19, dan lain-lain. Selain untuk menganalisis virus, laboratorium BSL-2 juga sebagai tempat untuk membuat vaksin virus tersebut. Bagi Anda yang ingin mendirikan atau mencari jasa laboratorium, Anda bisa memanfaatkan jasa Kontraktor Laboratorium BSL 2.

 

Standar Fasilitas yang Harus Ada di Laboratorium BSL-2

Laboratorium BSL sendiri sebenarnya ada empat level, dan setiap levelnya memiliki standar fasilitas yang berbeda-beda. Berikut beberapa standar fasilitas yang harus ada di laboratorium BSL-2:

 

1. Akses dan Kemudahan | Akses pada laboratorium BSL-2 ini haruslah terbatas dan harus dilengkapi keamanan. Akses keluar masuk ruangan laboratorium harus satu pintu. Serta diperlukan juga izin khusus untuk bisa mengakses laboratorium ini.

Akses ke laboratorium harus sangat dibatasi ketika sedang ada pekerjaan. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu pekerjaan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk kemudahannya, laboratorium ini harus dilengkapi dengan wastafel di dekat pintu serta tempat untuk mencuci mata (eyewash). Hal ini perlu dilakukan agar kesterilan serta kebersihan pekerja selalu terjaga baik keluar atau masuk laboratorium.

 

2. Desain Ruangan | Ruangan laboratorium ini harus ruangan yang luas dan terpisah dari kerumunan. Desain ruangannya sendiri harus mudah dibersihkan dan anti air. 

Tidak disarankan meletakkan alat-alat yang mudah menyerap air atau alat-alat yang gampang lembab. Seperti, karpet, permadani, sofa, dan lain-lain. Laboratorium ini juga tidak disarankan menggunakan jendela terbuka. Hal terpentingnya adalah mengenai masalah penerangan dan akses udara. Penerangan tidak boleh menggunakan lampu gantung. Sementara untuk akses udara harus disertai dengan saringan udara.

 

3. Biosafety Cabinet (BSC) | Setiap laboratorium BSL2, harus memiliki BSC yang masih berfungsi dan sesuai dengan syarat-syarat yang ada.

Biosafety cabinet class IIA diperlukan agar udara ruangan uji sampel covid 19 tidak mengganggu hasil dan analis. Letak Biosafety cabinet class IIA harus jauh dari tempat-tempat yang sering terkena udara secara langsung. Seperti pintu masuk, jendela, ventilasi, ataupun yang lainnya. Kalibrasian BSC harus dilakukan minimal satu tahun sekali agar kinerja alat masih tetap maksimal dan sesuai dengan syarat-syarat yang ada.

 

Kontraktor Laboratorium PCR

Itulah beberapa standar fasilitas yang harus ada di laboratorium BSL-2 dari kontraktor lab BSL-2. Bagi Anda yang ingin menghubungi jasa kontraktor tersebut. Anda bisa mengaksesnya di Labtech-Indonesia.com. Manfaatkan koneksi internet yang Anda punya dan kunjungi website tersebut.  Disana menyediakan semua keperluan yang berhubungan dengan laboratorium. 

 

PENERAPAN BIOSAFETY LEVEL 2

KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR HK.01.07/MENKES/405/2020

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect. Scroll to Top