Bioasafety cabinet adalah alat yang digunakan di laboratorium mikrobiologi untuk kegiatan yang “berbahaya”, seperti analisa bakteri TB, ecoly, HIV dan sebagai nya.

Kegunaan Biosafety Cabinet

Dalam furniture laboratorium mikrobiologi, salah satu peralatan yang dibutuhkan adalah tempat analisa mikrobiologi seperti laminar air flow, biosafety cabinet dan clean bench.

banyak perbedaan antara laminar air flow atau clean bench dengan biosafety cabinet, sehingga sangat penting kita perlu mengetahuinya secara mendalam, sebelum kita memutuskan pengadaan harga bio safety cabinet.

Seberapa penting BSC??

Biologycal Safety Cabinet adalah sebuah area kerja laboratorium dengan ventilasi udara yang telah direkayasa untuk mengamankan pekerja yang bekerja dengan sampel material, lingkungan kerja, dan smapel material dari kemungkinan bahaya terkontaminasi atau menimbulkan penyebaran virus /  bakteri pathogen. Sekilas mirip dengan lemari asam, hanya saja di lemari asam tidak memiliki proteksi penyaring HEPA Filter dan BSC menciptakan kondisi yang aseptis untuk analisa mikrobiologi.

Menurut standar Biosafet lavev yang dikeluarkan World Health Organization (WHO) , jika sebuah laboratorium melakukan analisa pada mikroorganisme dengan kategori resiko II contohnya salmonella sp maka laboratorium tersebut harus memiliki peralatan seperti Biological safety cabinet, dan tanda bio hazard di pintu utama laboratorium.

Biosafet cabinet terdiri atas banyak jenis, (BSC I , II, dan III), jenis bahan yang dugunakan, spesifikasi, dll.

untuk lebih detail, Jika ada hal yang ingin didiskusikan perihal BSC, jangan ragu menghubungi kami, insya Allah kami siap membantu.

download brosur biosafety cabinet PT Lab Technologi Indonesia

terima kasih

PT LAB Technologi Indonesia

021 8371 8685 / 0812 93846364

Share