Medical Personal Protection

Medical Personal Potection atau dikenal dengan nama Alat Pelindung Diri (APD) medis, adalah peralatan sesuai regulasi yang dibutuhkan oleh petugas medis untuk menjaga keamanan dan kesehatan. sehingga dapat melindungi para petugas dalam melaksanakan tugas medisnya.

APD medis yang banyak dikenakan oleh para medis baik dokter atau ketika menangani sebuah wabah penyakit yang saat ini tengah terjadi yaitu covid-19 atau virus corona.

Penggunaan APD medis bagi para petugas medis ketika bertugas menangani sebuah kasus kesehatan juga diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) pasal 6, ayat 1 nomor 27 tahun 2017.

Tujuan penggunaan APD untuk menghindari sekaligus mengurangi risiko tertular penyakit yang infeksius seperti Ebola, MERS, SARS, Flu Burung dan lain sebagainya.

Isi peraturan tersebut berbunyi “komite atau tim PPI dibentuk untuk menyelenggarakan tata kelola PPI yang baik agar mutu pelayanan medis serta keselamatan pasien dan pekerja di fasilitas pelayanan kesehatan terjamin dan terlindungi.”

APD dirancang sedimikian rupa yang terdiri dari penutup kepala (hoodie), pelindung wajah, pelindung mata (goggles), masker (respirator), sarung tangan, baju pelindung (gaun) dan sapatu boot.

× How can I help you?