Cara Menggunakan BSC Class II A Dengan Baik

Peringatan – Peringatan dalam penggunaan Biosafety Cabinet

Dalam dunia laboratorium, BSC merupakan alat pendukung laboratorium yang biasa ada di
laboratorium mikrobiologi, dalam penggunaannya pun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan peringatan kepada kita sebagai pengguna BSC adalah sebagai berikut :

1. JIKA dalam membersihkan lampu ultraviolet di BSC kita salah, dampaknya akan mengurangi efektivitas lampu.

2. Selalu Periksa grills dan kisi-kisi diffuser secara berkala dikarenakan tumpahan atau percikan nutrisi dapat menyebabkan kontaminasi permukaan/meja kerja.

3. Jangan menggunakan bahan terhalogenasi (mis., Pemutih). Bahan-bahan ini tidak direkomendasikan untuk digunakan pada permukaan baja stainless BSC.

4. Berhati-hatilah dan pastikan tidak ada barang yang diletakkan di atas grills

5. Hindari melewati bahan yang terkontaminasi pada kultur atau peralatan gelas yang tidak
diinokulasi atau bersih ( menghindari adanya komtaminasi) 6. Jangan menggunakan kabinet sebagai gudang untuk kelebihan peralatan lab selama tidak digunakan.

Selain itu, prosedur kerja yang sistematis dalam pelaksanaan tugas di dalam laboratorium mikrobiologi,  termasuk pengolahan spesimen merupakan faktor yang terpenting dalam system manajemen laboratorium secara menyeluruh. Lab mikrobiologi memiliki kerentanan yang tinggi terjadinya kontaminasi di bandingkan dengan laboratorium kimia, dikarenakan berkaitan dengan mikroorganisme.

Untuk menjamin keselamatan dirinya, salah satu persyaratan tersebut adalah pada pemakaian alat pelindung diri berupa sarung tangan, jas laboratorium dan masker. Selain itu aspek perilaku petugas sendiri terhadap disiplin pemakaian alat pelindung diri (APD) dan higiene petugas sesudah penanganan sampel, seperti pencucian tangan tidak boleh diabaikan. Selain penggunaan APD perlunya penambahan alat yang dapat memproteksi personel. Penggunaan BSC membantu dalam memproteksi tingkatan lebih tinggi dalam pengolahan spesimen.

BSC memiliki suatu pengatur aliran udara yang menciptakan aliran udara kotor (dimungkinkan ada kontaminan) untuk disaring dan diresirkulasi melalui filter. BSC dirancang untuk melindungi operator, seluruh lingkungan laboratorium dan material kerja dari penyebaran aerosol beracun dan infeksius.