Biosafety Cabinet Fungsi dan Aplikasi

FUNGSI & APLIKASI BSC

Biosafety cabinet atau disebut juga Biological Safety cabinet merupakan sebuah area kerja laboratorium dengan ventilasi udara yang telah direkayasa untuk mengamankan pekerja yang bekerja dengan sampel material, lingkungan kerja dan  sampel material.

FUNGSI BSC

Biological Safety Cabinet merupakan kabinet kerja yang disterilkan untuk kerja di tempat yang memiliki resiko mikrobiologi. BSC memiliki suatu pengatur aliran udara yang menciptakan aliran udara kotor (dimungkinkan ada kontaminan) untuk disaring dan diresirkulasi melalui filter. BSC dirancang untuk melindungi operator, seluruh lingkungan laboratorium dan material kerja dari penyebaran aerosol beracun dan infeksius. Kegiatan labolatorium seperti inokulasi kultur sel, suspensi cairan dari senyawa infeksius, homogenisasi, dan pengocokan material infeksius, sentrifugasi dari cairan beracun dll.

APLIKASI BSC

Aplikasi dari BSC saat ini sangat luas, dari sektor industri farmasi, medis/ kedokteran, penelitian klinis, pendidikan, ataupun sektor kesehatan secara umum. Hal ini dikarenakan bekerja secara aseptis sangatlah penting.

BSC mempunyai pola pengaturan dan penyaringan aliran sudara sehingga menjadi steril dan aplikasi sinar UV, mungkin BSC sekilas mirip dengan lemari asam/ fumehood namun, pada alat ini dilengkapi dengan proteksi penyaring HEPA Filter.
Biosafety cabinet mempunyai beberapa kelas keamanan, dan tujuan kelas keamanan ini juga  berbeda beda.

Semoga Bermanfaat.

Admin

PT Lab Technologi Indonesia 

021 8371 8685 | 0812 9384 6364

11/11/16 Somerville, MA — Lab tech, Meyling Chang processes a fecal microbiota preparation at OpenBiome in Somerville, Mass. November 11, 2016. Photo by Erik Jacobs