HEPA FILTER

Apa itu HEPA Filter ? HEPA adalah kependekan dari “High Efficiency Particulate Air” atau “High Efficiency
Particulate Arrestance.” Filter yang memenuhi standar HEPA harus memenuhi tingkat efisiensi tertentu. Standar umum mensyaratkan bahwa filter udara HEPA harus menghapus — dari udara yang melewati — setidaknya 99,95% (Standar Eropa) atau 99,97% (ASME, US DOE) dari partikel yang diameternya lebih besar dari atau sama dengan 0,3 ?m. Yang pasti HEPA merupakan filter yang perlu diuji dan disertifikasi sehingga sesuai dengan standar Institute of Environmental Sciences and Technology (IEST). HEPA dikomersialkan pada 1950-an, dan istilah aslinya menjadi merek dagang yang terdaftar dan kemudian istilah umum nya ada HEPA filter. HEPA ini berfungsi untuk menyaring udara
dari lingkungan. Filter HEPA digunakan dalam aplikasi yang memerlukan kontrol kontaminasi, seperti pembuatan disk drive, perangkat medis, biosafety cabinet , semikonduktor, lab uji covid-19 nuklir, makanan dan produk farmasi, serta di rumah sakit, rumah dan kendaraan.

Beberapa ruang seperti laboratorium mikrobiologi, laboratorium medis, laboratorium biosafety level 2 dan 3 mewajibkan udara ruang menggunakan HEPA filter untuk persyaratan sterilisasi dan keamanan.

BSL 2