FUME HOOD PROSEDUR “ASHRAE 110”

FUME HOOD PROSEDUR “ASHRAE 110”

Keselamatan atau safety adalah tujuan utama dalam pembuatan,instalasi, serta penggunaan fume hood atau biasa dikenal dengan lemari asam. Ketiga fase tersebut sangat menentukan semakin aman atau tidaknya karyawan atau staff laboratorium yang bekerja dengan atau di area sekitar fume hood tersebut. Karna standar keselamatan tidak hanya tentang prosedural dalam menganalisa namun juga kesiapan area saat bekerja. Salah satu standar pengujian fume hood atau lemari asam adalah ASHRAE 110.

ASHRAE atau the American Society of Heating, Refrigerating and Air-Conditioning Engineers 110 telah menjadi standar untuk pengujian fume hood sejak tahun 1985. ASHRAE 110 selain digunakan oleh produsen atau manufacturer saat tahap pengembangan dan design, tetapi juga sebagai kriteria yang biasa digunakan oleh tim purchasing saat menentukan pembelian,dan sebagai metode kinerja evaluasi dan sertifikasi yang dapat digunakan oleh user untuk lemari asam yang telah dipasang. ASHRAE 110 bahkan dapat digunakan sebagai alat diagnostik untuk mengidentifikasi masalah dalam instalasi sistem fume hood yang ada.

Dalam prosedur ASHRAE 110 Ada tiga jenis pengujian, As Manufactured (AM), As Installed (AI) dan As Used (AU), berikut penjelasan mengenai ketiganya;

  1. As Manufactured (AM), dilakukan setelah fume hood di mana faktor-faktor lingkungan dihilangkan sebanyak mungkin. 
  2. As Installed (AI), dilakukan setelah fume hood dipasang di laboratorium tetapi sebelum apa pun ditempatkan di dalamnya. Ini dapat mengungkapkan masalah yang terkait dengan bagaimana fume hood dipasang, operasi / lokasi penempatan, dan faktor lingkungan ruangan lainnya.
  3. As Used (AU), dilakukan di laboratorium dengan bahan (gelas kimia, peralatan, dll.)berada dalam fume hood. Tes ini memperhitungkan lingkungan ruangan dan pengguna, dan dapat menentukan apakah ada masalah dengan cara dioperasikan dengan membandingkan hasil tes AU dengan hasil AI.

Sumber : 

  1. ANSI/ASHRAE Standard 110-2016 (Supersedes ASHRAE Standard 110-1995) Methods of Testing Performance of Laboratory Fume Hoods
  2. https://www.labconco.com
  3. https://www.locscientific.com

PT Lab Technologi Indonesia

Telp/Fax. 021 8731 8685

Email. Info@labtech-indonesia.com