Tipe tipe Biosafety Cabinet

Kelas BSC (Biosafety Cabinet)

Diartikel sebelumnya kami bahas terkait definisi BSC, untuk artikel ini akan membahas terkait kelas BSC, pembagian kelas ini berdasarkan kemampuan BSC dalam melindungi lingkungan sekitarnya. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

BSC Kelas I
Dengan desain sederhana dimana aliran udara dari ruangan masuk melewati exhaust filter berHEPA(100% exhaust) mampu melindungi operator dan lingkungan namun tidak mampu untuk produk. Untuk BSC kelas 1 Kecepatan aliran udara BSC minimum 0,36 m/s, selain itu beberapa BSC kelas I juga dilengkapi dengan exhaust fan.

b. BSC Kelas II
BSC kelas II disesain selain untuk melindungi operator dan lingkungan, juga melindungi produk karena supply udara yang masuk ke permukaan meja kerja telah melalui HEPA filter. BSC kelas II terdiri dari tiga tipe yaitu A1, A2, B1 dan B2. Perbedaa keempat tipe tersebut diantaranya

Tipe A1 kecepatan aliran udara 0,38-0,51 m/s, resirkulasi 70%, exhaust 30%

Tipe A2 vented keluar, kecepatan aliran udara min 0,51 m/s, resirkulasi 70%, exhaust 30%

Tipe B1 kecepatan aliran udara min 0,51 m/s, resirkulasi 30%, exhaust 70%

Tipe B2 kecepatan aliran udara min 0,51 m/s, exhaust 70%

c. BSC Kelas III
BSC kelas III merupakan BSC kelas tertinggi dengan desain khusus biasanya digunakan untuk menangani agen infeksius. Aliran udara menggunakan exhaust khusus dan tekanan dalam BSC dijaga negatif (100% exhaust). Dengan tambahan Akses tangan ke dalam cabinet melalui gloves khusus dari bahan karet yang kuat sehingga tangan tidak bisa langsung mengakses dalam cabinet. BSC kelas III bisa digunakan pada area BSL-3 dan BSL-4.

Kami PT Lab Technologi Indonesia hadir untuk anda, untuk memenuhi keperluan/upgrade firnitur di laboratorium anda. Salah satunya kami menyediakan Biosafety cabinet di rancang sesuai dengan regulasi yang berlaku. 

Semoga bermanfaat ?

#furniturlab #labtechindonesia #labtechnologiindoneai #BSC #fumehood#mejalab #mejalaboratorium #kursilab #ruangasam #wallbench#islandbench #Biosafetycabinet #BSCClassIIA

Follow me!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *