KARAT PADA LEMARI ASAM

KARAT PADA LEMARI ASAM

Lemari asam adalah alat laboratorium yang berguna untuk melindungi proses analisa kimia, operator pelaksana analisa bahan Kimia dan lingkungan. 

Lemari asam atau fume hood sangat penting dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan bahan kimia, baik di laboratorium, proses industri atau yang lainnya. Permasalahan yang ditemui pada laboratorium Salah satunya adalah karat. Selain itu furniture laboratorium, wall bench, dan island bench dapat berkarat bila kita tidak tepat dalam memilih material yang tepat dengan kegiatan di laboratorium.

Karat adalah proses oksidasi terhadap suatu material, biasanya adalah metal.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, korosi adalah proses, perubahan, atau perusakkan yang disebabkan oleh reaksi kimia.

Lalu apa penyebab terjadi nya korosif, sehingga kita bisa menghindari atau memperlambat proses nya.

Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Korosi

1.Berasal dari bahan itu sendiri, antara lain: kemurnian bahan; struktur bahan; bentuk Kristal; unsur-unsur kelumit yang ada dalam bahan; dan teknik pencampuran bahan.
2. Berasal dari lingkungan. Antara lain: Tingkat pencemaran udara. Gas-gas polutan yang ada bisa membentuk asam nitrat dan asam sulfat. Oleh sebab itu, udara menjadi bersifat korosif dan berikatan dengan apa saja termasuk komponen-komponen renik di dalam peralatan elektronik.
3. Suhu dan kelembaban
4. Uap dan gas (klorin, ammonia, hydrogen sulfat). Udara dalam ruangan yang terlalu asam atau basa dapat mempercepat proses korosi peralatan yang ada dalam ruangan tersebut.
5. Asam-asam mineral (HCl, asam sulfat, dsb), fluor,hydrogen fluoride beserta persenyawaannya dikenal sebagai bahan korosif.
6. Asam-asam organik (asam asetat, asam sitrat)
7. Alkali. Amonia (NH3) merupakan bahan yang digunakan dalam industri dimana pada kondisi suhu dan tekanan normal, bahan ini berada dalam gas dan sangat mudah terlepas ke udara.
8. Pelarut-pelarut organik., Minyak (vegetable and petroleum).

Sahabat kimia, mari kita cek ricek,,apa potensi terbesar yang ada di tempat kerja kita. Sehingga kita bisa pastikan apa material yang terbaik, bagainama pencegahan dan bagaimana kita tingkatkan umur hidup alat peralatan yang ada di Ruang kerja kita.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Admin
PT Lab Technologi Indonesia
021 8371 8685 | 0812 93846364

Sumber artikel:
DAFTAR PUSTAKA :
Kurniawan, D. W., dan Sulaiman,T.N. 2012. Teknologi Sediaan Farmasi. Purwokerto:Laboratorium Farmasetika Unsoed
Halimatuddahliana. 2003. Pencegahan Korosi dan Scale pada Proses Produksi MinyakBumi. http: // library.usu.ac.id/download/ft/tkimia-halima.pdf/. diakses 19 mei 2012
Anonim. 2011. Korosi pada Stainless Steel. http://edukasi.kompasiana.com/. Diakses : 19 Mei 2012
Anonim.2005. Mengapa Stainless Steel Tidak Berkarat. http://www.chem-is-try.org/. Diakses: 19 Mei 2012
Ridwan Fakih. 1993. Basic Corrosion Engineering. Petroleum Engineering PT CPl: Pekanbaru.