KARAKTERISTIK PHENOLIC RESIN

Phenolic Resin adalah sejenis resin thermosetting sintetis yang diperoleh melalui reaksi fenol dengan formaldehid yang ditemukan oleh Dr. Leo Baekeland pada tahun 1907. Ini secara efektif merupakan plastik pertama yang dijual secara komersial. Resin fenolik dibagi menjadi dua jenis, novolac dan resoles. Keduanya memiliki stabilitas suhu tinggi hingga 300 ° – 350 ° C , kedap air, dan stabilitas terhadap bahan kimia ( asam dan pelarut organic)

Phenolic Resin atau disebut Phenolic Solid banyak ditemukan di berbagai produk industri. Mereka terutama digunakan dalam produksi papan sirkuit dan lebih dikenal untuk produksi  meja laboratorium, dan sebagai pelapis dan perekat.

Struktur Lapisan Phenolic Solid

Bisa dilihat di kotak garis merah bahwa phenolic memiliki lapisan, bagian atas dan bawah merupakan decorative sheet, dan bagian tengah adalah core berwarna hitam dengan ketebalan sesuai kebutuhan. Bahan phenolic ini tersedia mulai dari tebal 3 mm hingga 25 mm. Tebal 3-4 mm biasa dipakai untuk partisi toilet, sedangkan tebal >6 mm bisa dipakai untuk top table.

Berikut ini adalah tabel resistansi phenolic resin terhadap bahan kimia:

Sumber :

https://www.worthingtondirect.com/tables/pslt3060-phenolic-resin-science-lab-table.htm

https://thechemco.com/chemical/phenolic-resin/.