DIMENSI MEJA LABORATORIUM

mejaMeja merupakkan furniture lab yang sangat penting Karena berbagai kegiatan dikerjakan seperti mereaksikan zat, pengukuran dengan alat-alat, mengerjakan laporan, atau sebagai penempatkan reagen dan alat. Sangatlah penting untuk membuat meja yang memiliki desain yang baik yang sesuai kebutuhan dan kenyamanan pengguna dalam beraktivitas di laboratorium.

Menurut peraturan  Mentri Pendidikan Nasional no. 24 tahun 2007  bahwa dimensi standar untuk meja laboratorium Pendidikan IPA  adalah :

1. Meja siswa

Panjang dan lebar disesuaikan dengan tinggi 70 cm agar agar memudahkan saat menggunakan mikroskop dengan tinggi kursi 50 cm, dan tanpa sandaran agar mudah dipindahkan dan memungkinkan siswa mudah bergerak.

2. Meja demonstrasi

Panjang 190 -200 cm (menyesuaikan),  tinggi 90 cm, lebar 80-90 cm menyesuaikan dan dilengkapi dengan listrik dan bak cuci. panggung) tinggi panggung 20 cm panjangnya melebihi panjang papan tulisnya.

3. Meja kerja guru

Ukuran tinggi 90 cm, lebar 100 cm, panjang 120 cm. diletakan di ruang persiapan.

4. Meja Dinding

Ukuran tinggi 75 cm, lebar 60 cm, panjang disesuaikan dengan panjang dinding

meja2

Untuk dimensi meja pada laboratorium penelitian atau pengujian  sulit untuk memastikkan dimensi standar karena menyesuaikan kebutuhan pengguna seperti kenyamanan, mobilitas dan ketersediaan tempat sehingga akan banyak ukuran meja yang bervariasi. Tetapi pada umumnya dimensi pada meja laboratorium memiliki kisaran ukuran :

  1. Panjang           : 200 – 500 cm
  2. Lebar               : 60 – 150 cm
  3. Tinggi              : 75 – 90 cm